Tes Potensi Akademik Adalah : Contoh dan Cara Mengerjakannya!

Diposting pada

Tes Potensi Akademik

Tes Potensi Akademik Adalah : Contoh dan Cara Mengerjakannya – Ingin itu ujian kedinasan atau ujian masuk universitas, tentunya tidak lepas dari test potensi akademik atau bahasa akrabnya TPA. Test ini bermanfaat untuk menghitung sudut pandang dan mendapati potensi kecerdasan secara psikologis dalam diri seorang. Pada umumnya, macamnya terdiri jadi tiga.

Yakni test verbal, numerik dan gambar. Nach, untuk yang menyiapkan diri untuk ikuti rangkaian test tadi, rajin-rajin latihan materi ialah satu kewajiban. Berikut ada banyak masalah latihan yang dapat dicoba, jadi yok dibaca!

Tes Potensi Akademik Adalah

Pada intinya, TPA ialah test yang berperan untuk mengenali potensi talenta dan menghitung kemampuan akademik seorang. Test ini terdiri jadi tiga kelompok, yakni test verbal, numerik, dan gambar.

Tipe test verbal sendiri terbagi dalam test sinonim, antonim dan analogi. Dalam tipe test itu, terang kemampuan bahasa seorang betul-betul dites. Dan test numerik bermanfaat untuk mengetes logika dan langkah berpikiran seorang.

Jenis-jenis Tes Potensi Akademik

Kali ini, ada empat jenis TPA yang akan dibahas. Tingkat kesulitannya bervariasi, tergantung dari tipe kecerdasan yang ingin diukur. Adapun tambahan jenis yang dimaksud yaitu tes logika. Mari pahami perbedaan masing-masing jenis TPA pada ulasan detail berikut:

1. Tes Verbal

Tes ini menggunakan sinonim, antonim dan analogi dalam mengukur kemampuan bahasa. Untuk lulus di tes ini, seseorang perlu memperluas kamus kosa kata diri. Karena seringkali kata-kata pada jawaban pilihan ganda mempunyai arti yang hampir sama.

2. Tes Angka

Kalau tadi menguji kemampuan bahasa, tes angka lebih berfokus pada pengukuran kemampuan berhitung secara logika.

Pertanyaannya disusun dengan struktur matematis yang logis. Contoh tipe pertanyaan yang sering muncul di antaranya seri huruf, seri angka, soal cerita dengan angka hingga logika angka. Tidak semua pertanyaan menggunakan rumus, karena yang diuji di sini adalah pola pikir.

3. Tes Logika

Sesuai namanya, tes ini bertujuan menilai nalar seseorang dalam melakukan pemecahan masalah. Jenis pertanyaannya berupa silogisme (kesimpulan), logika umum, logika diagram, hingga analisis pertanyaan.

Dalam mengerjakan soal ini, ketelitian punya peran penting. Karena tak sedikit orang yang terkecoh pada jenis soal ini.

4. Tes Gambar

Ketika menemui soal dengan model seri gambar, bayangan gambar, hubungan gambar, identifikasi gambar, atau pengelompokan gambar, itu tandanya sedang berhadapan dengan TPA gambar.

Tes ini sama-sama bertujuan mengukur daya pikir seseorang secara spasial. Meski terdengar mudah, tetap saja bisa salah apabila mengerjakannya terburu-buru.

Cara Mengerjakan Tes Potensi Akademik

Berhubung pertanyaan yang muncul pada tes akan berbeda setiap saat, namun soal TPA tetap menggunakan format yang sama. Untuk meningkatkan peluang sukses pada tes ini, ada beberapa tips sederhana yang bisa diterapkan, yaitu sebagai berikut:

1. Mulai dari yang Paling Mudah

Tidak ada waktu banyak ketika mengerjakan TPA atau tes sejenisnya. Waktu adalah aspek yang sangat penting. Jadi, prioritaskan dulu soal-soal yang mudah. Baru kerjakan soal yang sulit dengan waktu yang tersisa.

2. Rutin Latihan

Dengan membiasakan diri mengerjakan soal-soal TPA, ini akan membuat mental lebih siap ketika datang waktu tes.

3. Cek Soal Terbaru

Seiring waktu, soal-soal TPA tentunya mengalami pembaruan dari pihak penyelenggara. Pastikan selalu up-to-date dengan model soal terbaru supaya tidak kaget ketika menemukan model soal tersebut saat ujian aslinya.

4. Manajemen Waktu

Terkadang, satu soal tes potensi akademik harus dikerjakan dengan waktu di bawah 1 menit. Sekilas memang terdengar mustahil. Namun kebanyakan soal memang didesain untuk dikerjakan secara cepat.

Tetapi, pengelolaan waktu tetap perlu diperhatikan. Jangan sampai terlalu fokus pada satu soal, sampai tanpa sadar banyak waktu yang terbuang. Maka dari itu, lebih baik berlatih di rumah sambil menggunakan waktu yang sama.

5. Pikiran Fokus

Pikiran harus fokus selama mengerjakan tes. Jauhkan distraksi dan jaga mood saat mau memulai tes. Karena mood buruk bisa mengacaukan pikiran.

6. Istirahat secara Optimal

Selain tips yang disebutkan tadi, jangan lupa untuk beristirahat dengan cukup sebelum tes. Isi tubuh dengan makanan yang bernutrisi juga agar tubuh dan otak mempunyai energi untuk beraktivitas.

Contoh Tes Potensi Akademik

Pastinya ini yang paling ditunggu-tunggu. Kumpulan soal TPA berikut diharapkan dapat menjadi bahan latihan bagi yang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti tes. Silakan coba dulu sendiri sebelum melihat jawabannya:

Jenis Verbal

Sinonim

Penghias=…
Aksesori
Cenderamata
Kalung
Perhiasan
Suvenir
Jawaban: c. Aksesori

Penghias dan aksesori mempunyai definisi yang sama, yaitu sebagai pemanis atau pelengkap.

Loka=…
Bulan
Kebun
Tempat
Piringan Hitam
Tanggal
Jawaban: c. Tempat

Menurut KBBI, loka artinya tempat atau dunia. Kata tersebut pada dasarnya berarti tempat, sehingga C adalah jawaban yang benar.

Hasutan=…
Kompromi
Konsolidasi
Agitasi
Penolakan
Rencana
Jawaban: c. Agitasi

Hasutan artinya perkataan yang bersifat mengajak, sedangkan agitasi artinya ajakan.

Antonim

Seragam><…
Disparitas
Diversitas
Monoton
Rendah
Unggul
Jawaban: b. Diversitas

Lawan kata dari seragam adalah beragam. Sementara itu, kata diversitas memiliki arti variasi. Cocok menjadi antonim kata seragam.

Statis><…
Agamis
Berubah
Dinamis
Listrik
Tidak bergerak
Jawaban: c. Dinamis
Statis adalah sebutan untuk sesuatu yang tidak bergerak alias diam. Sebaliknya, sesuatu yang bisa bergerak dinamakan dinamis. Maka dari itu, jawaban bertentangan yang tepat adalah C.

Keseragaman><…
Berdua
Disparitas
Monopoli
Tinggi Rendah
Uni
Jawaban:

Untuk memudahkan pengerjaan tes potensi akademik, pertama eliminasi dulu jawaban yang salah. Pada pertanyaan ini, kata yang bersinonim dengan keseragaman adalah uni (e). Sedangkan kata monopoli (c) mengacu pada perdagangan.

Karena jawaban A dan D tidak sesuai konteks, maka disparitas (b) adalah jawabannya. Kata tersebut memiliki arti perbedaan.

Tidak Berdaya><…
Abnormal
Sinergi
Anomali
Disfungsi
Invalid
Jawaban: b. Sinergi

Lawan kata tidak berdaya berarti berdaya. Sementara berdaya merupakan arti dari kata sinergi.

Analogi

Babak : Drama =… : …
Bab : Buku
Halaman : Novel
Lagu : Musik
Pemandangan : Pertunjukan
Rima : Puisi
Jawaban: a. Bab : Buku

Untuk menjawab pertanyaan ini, bedah dulu analogi ini. Babak adalah bagian dari drama. Jadi, kedua kata mempunyai korelasi berupa hubungan pembagian dari. Jawaban yang tepat dari soal di atas adalah Bab : Buku (a).

Jenis Logika

Semua sayuran baik untuk tubuh.
Sebagian orang tidak suka makan sayur.

Kesimpulannya adalah…

Ada orang yang suka makan sayur
Orang yang tidak akan sayur hidupnya tidak sehat
Semua orang yang makan sayur tubuhnya sehat.
Semua orang yang tubuhnya sehat selalu makan sayur.
Jawaban: a. Ada orang yang suka makan sayur

Soal menyatakan bahwa sebagian orang tidak suka makan sayur. Berarti ada sebagian lain yang menyukai sayur. Maka jawaban yang tepat adalah ada orang yang suka makan sayur (a).

Jenis Angka

20, 15, 10, 5, 0,…
-10
-5
1
5
10
Jawaban: b. -5

Deret aritmetika di atas menggunakan pola di mana setiap angka dikurang 4. Jadi suku ke-6 adalah 0-5 = -5.

Jenis Gambar

Jadikan rangkaian di atas menjadi kubus, lalu visualisasikan. Akan ditemukan kalau D merupakan gambar yang tidak tepat.

Satu-satunya tips sukses mengerjakan tes potensi akademik adalah dengan rajin berlatih. Namun bukan berarti tips lainnya tidak berguna. Tak lupa iringi dengan doa dan kerja keras

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *