6 Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja & Cara Membuatnya!

Diposting pada

Surat Pengunduran Diri

Surat Pengunduran Diri – Pegawai dapat mengajukan surat pengunduran diri jika ingin memutuskan hubungan kerja di perusahaan itu. Maksud pembuatan surat ini untuk memberitahukan sisi HRD dengan cara resmi dan professional. Ini akan menjaga hubungan baik perusahaan yang ditinggal.

Beberapa langkah membuat surat resign sangat gampang. Namun tetap saja perlu memerhatikan susunan dan tata bahasa pada surat agar info dikatakan dengan tepat dan gampang dimengerti. Ini kali, artikel di bawah akan mengikutkan pola template yang dapat disalin sebagai rekomendasi.

Tips Cara Membuat Surat Pengunduran Diri

Tidak ada dasar tentu bagaimana surat ini semestinya dibikin. Namun, ada banyak hal yang membandingkan surat resign dari surat sah yang lain. Lihat sebagian tips berikut untuk mencari tahu:

1. Mengandung Struktur Surat Lengkap

Biasanya, surat ini dibuat seringkas mungkin. Agar surat tetap tersusun dengan rapi, pastikan mengandung struktur di bawah ini:

Penerima dan alamat tujuan surat
Tempat dan tanggal pembuatan surat
Isi surat
Tanda tangan

2. Isi Tidak Panjang Lebar

Lagipula, pihak HRD sudah tidak lagi ada hubungan dengan karyawan yang hendak berhenti. Jadi tak perlu membuat surat panjang lebar. Buat isi sependek mungkin dan langsung sampaikan kalau ingin berhenti pada paragraf pertama.

Tak lupa, tuliskan pula kapan hari terakhir bekerja dan jika memungkinkan, sampaikan pula apabila masih ingin menyelesaikan tugas tertentu sebelum hari terakhir bekerja.

3. Tetap Bersikap Profesional

Hindari meluapkan keluhan, unek-unek, atau mengumbar aib perusahaan pada surat. Surat pengunduran diri dibuat bukan untuk menyampaikan informasi yang menjelek-jelekkan perusahaan atau karyawan lain.

Tak perlu juga menjelaskan alasan meninggalkan perusahaan. Buat informasi secara padat dan jelas. Periksa kembali surat sebelum mengirimnya ke pihak HRD, pastikan tidak ada salah ketik.

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja

Apabila ini kali pertama resign dari perusahaan, tak usah khawatir kalau masih bingung cara membuat surat resign. Inilah sejumlah format contoh yang bisa dijadikan referensi:

1. Contoh Surat Resign Pramusaji Restoran

Bandung, 1 Januari 2011

Yang Terhormat
Manajer Restoran Lezat
di Tempat

Salam hormat,

Melalui surat ini, saya Hania Widodo yang sebelumnya menjabat sebagai Chef De Partie berniat mengajukan pengunduran diri dari Restoran Lezat per tanggal 1 Februari 2011. Saya memutuskan berhenti bekerja dengan alasan ingin mengurus keluarga.Mohon maaf apabila ada kesalahan kata dan perbuatan yang kurang menyenangkan baik disengaja maupun tidak. Saya haturkan terima kasih kepada Restoran Lezat atas kesempatan kerja yang telah diberikan. Semoga Restoran Lezat semakin maju ke depannya.Sekian surat ini saya sampaikan secara sebenar-benarnya. Terima kasih atas perhatiannya.

Hormat Saya,
TTD

Hania Widodo

2. Contoh Surat Pengunduran Diri

Semarang, 25 September 2020

Kepada Yth.
HRD PT Sejahtera Selalu
di Tempat

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Hania Widodo
Alamat: Griya Loka No. 15A, Semarang
Jabatan: Head of Marketing Research

Melalui surat ini, saya memohon pengajuan pengunduran diri dari PT Sejahtera Selalu terhitung mulai tanggal 1 November 2020. Alasan saya dikarenakan ingin fokus menjalankan bisnis mandiri.Saya ucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada Bapak/Ibu Pimpinan yang telah memberikan kesempatan bagi saya untuk berkembang, bekerja dan belajar mengaplikasikan keterampilan yang saya miliki secara nyata.Saya meminta maaf sebesar-besarnya atas segala kesalahan yang menyakiti perasaan Bapak/Ibu selama bekerja. Demikian surat ini saya buat tanpa adanya paksaan dari pihak luar. Terima kasih atas perhatiannya.

Hormat saya,

Hania Widodo

3. Contoh Surat Pengunduran Diri Sederhana

Cikarang, 6 Agustus 2022

Yang Terhormat
HRD PT Focus Tech
Jalan Duren Tiga Selatan, Cikarang

Dengan hormat,Saya Hania Widodo bermaksud menyampaikan surat ini untuk mengajukan pengunduran diri sebagai Staf Web Development dari PT Focus Tech. Saya membuat keputusan ini dengan alasan ingin mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi.Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan kerja yang telah Bapak/Ibu berikan, sehingga saya bisa berkembang selama 1 tahun bekerja di perusahaan ini. Permohonan maaf saya haturkan apabila saya mempunyai kesalahan yang tak disadari.Surat ini saya buat secara sadar tanpa adanya pihak lain yang memengaruhi keputusan saya. Saya harap PT Focus Tech semakin maju dan berkembang. Semoga Bapak/Ibu pimpinan dapat menerimanya, sekian dan terima kasih.

Hormat saya,

Hanna Widodo

4. Contoh Surat Pengunduran Diri Bahasa Indonesia

Bogor, 18 Desember 2021

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Pimpinan PT Samudra Kargo
di Tempat

Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Hania Widodo
No. Pegawai: B9F661
Jabatan: Staf Pemasaran
Divisi: Pemasaran

Dengan surat ini, saya bermaksud mengundurkan diri dari PT Samudra Kargo. Keputusan ini dibuat karena saya harus mengikuti suami yang dimutasi ke daerah lain. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu Pimpinan, seluruh tim pemasaran, dan karyawan lainnya atas kesempatan kerja yang diberikan.Sekian surat ini saya buat secara jujur dan sadar. Saya mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan, semoga manajemen mempertimbangkan permohonan ini.

Hormat saya,

Hania Widodo

5. Format Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Benar

Medan, 24 Juli 2022

Yth.Ibu Riana
HRD PT Sejahtera Selalu
di Jalan Sutra 3, Medan

Dengan hormat,
Berdasarkan surat ini, saya:

Nama: Hania Widodo
Jabatan: Staf Audit
Alamat: Perum. Kencana Delima, Medan

Ingin mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT Sejahtera Selalu terhitung dari 25 Agustus 2022 dengan alasan ingin pindah tempat tinggal.Terima kasih kepada Ibu Riana atas kesempatan luar biasa karena telah menerima saya untuk bekerja di PT Sejahtera Selalu. Seandainya ada perbuatan yang meninggalkan kesan buruk, saya mohon maaf sebesar-besarnya.Demikian surat ini saya buat. Semoga Ibu Pimpinan dapat menerima permohonan ini.

Hormat Saya,
TTD

Hania Widodo

6. Contoh Surat Pengunduran Diri Bahasa Inggris

May 7th, 2018

Rudy Rahardian
HR Manager Grand Cantika Hotel
Bali

Dear Mr. Rahardian,I am writing to inform you of my decision to resign from Grand Cantika Hotel as Housekeeping Staff. Please accept this letter as I will no longer be working here, effective June 10th, 2018. Unfortunately, I will not be returning to work past that date due to the new business I’ve started.Working for Grand Cantika Hotel has given me the opportunity to start a career as a Housekeeper. I cannot think of another company which could have provided me with the best workplace and the nicest co-workers. I will be forever grateful for the many lessons you taught me. Thank you so much for the fantastic opportunity. I hope that we will stay in touch and I will miss working with the rest of Grand Cantika Hotel. Don’t hesitate to contact me if you have any inquiries for any reason.

Sincerely,

Hania Widodo

Surat pengunduran diri sebetulnya tidak wajib, tergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan. Namun surat ini dapat membantu menjaga hubungan baik dengan perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *